123, Example Street, City 123@abc.com 123-456-7890 lasantha.wam

Writing is the most fun you can have by yourself. - Terry Pratchett

Sunday, November 1, 2015

Tahu Diri

Kala hujan sore itu,
"Jangan LUPA DIRI ya nak! Tengoklah ke atas!!" katamu mengawali pembicaraan.
"Ke atas bu? Bukankah di ataslah tempat trpeliharanya kesombongan?"
"Berpikir luaslah nak!"
"Maksud ibu?"

"Jangan pernah lupa diri. Ketika kamu merasa dirimulah orang yg paling *berPOTENSI*, lihatlah ke ATAS. Di sana akan kau temui berjuta-juta manusia hebat yg lebih dari dirimu. Dan kau BUKAN SIAPA2!"

"Lalu?"

"Lalu jangan pula lupa diri. Tengoklah ke bawah. Ketika kamu terjebak pada keegoisan sisi *ke-MATERIalistik-an* mu, maka lekaslah sadar dan menolehlah ke BAWAH. Karna di sanalah tempat2 mereka, para anak jalanan dan gelandangan yg memimpikan kehidupan sepertimu."

"Tapi bu, bukannya aku tak ingin menoleh ke atas.. hanya saja aku takut jika pada akhirnya aku terjatuh ke dlm perasaan rendah diri yg tak terkendali." (Hening) Jelasku lagi, "Tidakkah lebih baik aku tegap lurus ke depan dan istiqomah pada jln yg ku buat sendiri? Tanpa harus menoleh ke atas ataupun ke bawah. Agar berimbang dan tak salah pengertian.
Karna aku pun ragu jika ketika aku menoleh ke bawah, aku trjebak pd kesombongan  materi yg ku miliki."
"Mengapa harus rendah diri? Bukankah manusia di ciptakan untuk berhadapan dg rintangan? Mereka adalah manusia biasa sama sepertimu. Jk mereka lebih hebat darimu, itu krn kegigihan yg mereka miliki. Apa kau tak merasa TERTANTANG??" (Hening)
Lanjutnya, "Ketahuilah nak, jiwa2 berEMPATI tak pernah terjebak pd sisi Ke-aku-annya. . Kecuali jika lisanmu berempati, dan jiwamu tidak. Maka, tanyakan pada ALAM tentang bagaimana seharusnya manusia berkaca!!"

Aku terdiam. Meresapi setiap goresan kata bermaknanya. Lalu hanyut.. hanyut ke dalam sesal mendalam pada alam tempatku berada.
Akan ketidakepedulian, juga ke-aku-an.

-dfz- 01/11/2015

0 comments:

Post a Comment

Categories

Follow me on Facebook

Follow me on Tumblr

Writing is the most fun you can have by yourself. - Terry Pratchett

Powered by Blogger.
'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();
Adsense Indonesia

About Author

Hamba Tuhan yang sedang belajar menulis.

Video of Day | Click on the link below to download the video!

Popular Posts