123, Example Street, City 123@abc.com 123-456-7890 lasantha.wam

Writing is the most fun you can have by yourself. - Terry Pratchett

Thursday, March 24, 2016

๐Ÿ’ IKHLASKAN Apa yang Telah Engkau Persembahkan ๐Ÿ’



"Ikhlas itu ilmu tingkat tinggi. Jadi, hanya orang-orang hebatlah yang dapat menggapainya dan memenuhi relung hatinya dengan ilmu ini."

Jika kita menginginkan kebahagiaan dan ketenangan jiwa, maka jangan abaikan keikhlasan. Tanamkan sifat ikhlas di tanah sanubari yang terdalam, agar kelak sifat ini tumbuh kokoh tak tergoyahkan.

Orang-orang yang telah memiliki sifat ini hatinya akan damai, pikiran pun jernih, dan terhindar dari kekecewaan serta jauh dari rasa sakit hati. Mereka murni beramal karena Allah Ta'ala. Tujuannya hanya fokus membuat senang Tuhannya, bukan makhlukNya. Tidak akan pernah kecewa (apalagi sakit hati) jika amal-amal kebaikan kebaikan yang telah mereka persembahkan tidak dihargai, diabaikan, atau mungkin justru dibalas dengan perbuatan buruk. Karena sedikitpun mereka tidak menoleh kepada manusia. Maka mereka menganggap ujian dan cacian tak ubahnya debu yang menempel ditubuh, hanya dengan sekali tiupan akan hilang seketika. Oleh karena itu, mereka tidak senang ketika dipuji, dan tidak sakit atau kecewa ketika dicaci.

Apabila mereka berbuat kebaikan kepada orang-orang disekelilingnya, mereka tidak akan menghentikannya hanya karena orang-orang disekitarnya tidak menghargai pemberiannya, atau bahkan menghina dan merendahkan pemberiannya. 

Nah, ikhlas inilah yang akan mengantarkan para pemiliknya kepada diterima amal-amalnya di hadapan Allah Ta'ala kelak. Seorang ulama mengatakan, "Sungguh, secuil amal yang diperbuat dengan ikhlas akan lebih bermanfaat daripada segunung amal yang dilakukan tanpa ikhlas."

Yang memiliki ilmu, jangan bangga dulu sebelum mengamalkannya. Yang telah beramal, jangan senang dulu sebelum mewarnainya dengan keikhlasan yang sempurna. Karena hakikatnya, ilmu dan amal tanpa keikhlasan tidak ada bedanya dengan fatamorgana. Seperti ada, tapi hakikatnya tidak sama sekali.

Jadi, nyatalah bahwa kebahagiaan itu hanya bisa diraih oleh orang-orang yang ikhlas, karena hanya merekalah yang tidak pernah kecewa dan terluka hatinya. Ketahuilah, kebahagiaan itu berada di dalam hati. Sebaliknya, orang yang pamrih tidak akan dapat meneguk air kebahagiaan, walaupun setetes! Karena di dalam hatinya telah dipenuhi oleh air comberan pengharapan kepada makhluk yang berujung dengan kekecewaan dan penyesalan.

Selamat mendalami ilmu tingkat tinggi ini!

Dikutip dari : "Jangan Galau!" karya Ahmad Zahrudin M. Nafis



Mari sama-sama belajar untuk senantiasa menyinari hati dengan keikhlasan!! 
--Karena IKHLAS adalah OBAT HATI yang takkan pernah bisa kau beli, kecuali kau yang meraciknya sendiri.



-be honest--
--be awesome-

#semoga bermanfaat ;) 

0 comments:

Post a Comment

Categories

Follow me on Facebook

Follow me on Tumblr

Writing is the most fun you can have by yourself. - Terry Pratchett

Powered by Blogger.
'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();
Adsense Indonesia

About Author

Hamba Tuhan yang sedang belajar menulis.

Video of Day | Click on the link below to download the video!

Popular Posts